Bahaya Penyakit Maag dan Asam Lambung

Ketahui Bahaya Penyakit Maag dan Asam Lambung Serta Jangan Anggap Remeh

Penyakit maag dan asam lambung sangat akrab sekali dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Keduanya dianggap mirip, padahal maag dan asam lambung ini mempunyai perbedaan, akan tetapi sama-sama tidak boleh dianggap remeh.

Maag dan asam lambung merupakan penyakit yang seringkali dianggap sepele dan selalu dibiarkan begitu saja secara berlarut-larut. Tahukah anda bahwa salah satu kontestan Puteri Indonesia 2016 asal maluku yaitu Jean Patty dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit asam lambung.

Bukan hanya Kontestan Puteri Indonesia asam maluku saja yang tercatat meninggal akibat asam lambung. Yaitu pada tahun 2015 seniman Didi Petet juga meninggal dunia akibat penyakit yang sama dengan Jean Patty.

Penyakit maag merupakan sebuah peradangan mukosa ataupun lapisan kulit dalam lambung yang diakibatkan banyak faktor. Beberapa faktor tersebut merupakan stres, luka pada dinding atau tukak lambung, dan bakteri Helicobacter pylori.

Gejala penyakit maag yang timbul biasanya yaitu kembung, mual, muntah, sendawa berlebih, dan sakit pada bagian ulu hati. Penyakit ini sering dianggap sindrom anak mahasiswa dan dianggap sepele.

Padahal kenyataannya penyakit maag bisa mengakibatkan komplikasi seperti penyempitan kerongkongan sampai sulit menelan, esofagus barret, atau terpapar asam lambung pada kerongkongan, sampai bocornya asam lambung hingga usus halus.

Apabila terserang penyakit maag, maka penangan secara mandiri bisa dilakukan. Beberapa obat yang bisa menangani maag seperti alginat, antasida, gastric health tablet, antibiotik, dan antidepresan.

Akan tetapi sangat dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut apabila gejala sampai tahap muntah, kehilangan berat badan sampai sulit menelan.

Beda halnya dengan penyakit maag, penyakit asam lambung ini adalah kondisi naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Penderita asam lambung akan merasakan pahit yang muncul di kerongkongan dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar didada. Gejala ini sering dianggap sebagai serangan jantung.

Penyakit asam lambung muncul karena tidak berfungsinya katup yang ada di ujung lambung. Katup yang bernama LES (lower esophageal sphincter ini mempunyai fungsi sebagai pintu otomatis ketika makanan ataupun minuman lewat dan tertutup guna mencegah asam lambung dan makanan yang dicerna naik ke kerongkongan.

Longgarnya LES bisa mengakibatkan kebocorang asam lambung dan mengakibatkan gejala akibat asam pencernaan itu bersifat korosif sehingga memungkinkan dinding saluran pencernaan terkikis dan meradang.

Penyakit asam lambung ini diketahui bisa memicu kanker esofagus apabila tidak mendapatkan penanganan yang serius dan cepat. Ada beberapa cara menjaga diri supaya tidak terkena penyakit yang satu ini, salah satunya menjaga berat badan, hindari obesitas, jaga pola makan, hindari makanan berlemak, dan yang memicu asam almbung.

Beberapa makanan yang memicu asam lambung yaitu alkohol, kafein, cokelat, buah jeruk, dan makanan yang berbau tajan. Selain itu merokok juga bisa mengakibatkan naiknya asam lambung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s